(Cilacap, 13/01/2025) Dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan dan memenuhi standar kualitas nasional, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) mengadakan rapat koordinasi perdana persiapan akreditasi, yang dilaksanakan pada pukul 09.30 WIB. Rapat ini berlangsung di Ruang Rapat UNUGHA Cilacap dan dihadiri oleh pimpinan universitas (Rektor, Wakil Rektor 1 Bidang Akademik, Dekan FKI, Ketua SPMI, Ketua LPPM, dan Kaprodi PGMI), dosen PGMI serta dosen dalam naungan UNUGHA Cilacap.

Ketua Program Studi PGMI, Wida Nurul ‘Azizah, M.Pd., dalam rapat menyampaikan bahwa pentingnya akreditasi sebagai tolak ukur kualitas program studi. “Akreditasi bukan hanya sekadar formalitas, tetapi juga menjadi kesempatan bagi kita untuk mengevaluasi dan meningkatkan kualitas pendidikan. Pada saat sekarang program studi PGMI dalam kategori akreditasi sangat baik dan expayer pada tanggal 4 September 2025. Maka dari itu, harus melakukan persiapan untuk memenuhi target program studi PGMI kedepan yaitu mencapai akreditasi unggul” ujarnya.

 Gambar: Suasana Saat Rapat Perdana Persiapan Akreditas Prodi PGMI

Rapat ini membahas berbagai aspek yang menjadi indikator penilaian akreditasi, seperti poin-poin yang terdapat di LED dan LKPS sehingga dapat meraih akreditasi unggul serta diakhiri dengan pembentukan tim akreditasi program studi PGMI. Dalam diskusi yang berlangsung aktif, Rektor UNUGHA Cilacap, Dr. H. A. Lutfi Hamidi, M.Ag., memberikan masukan berharga terkait pengelolaan data dan implementasi program unggulan. Salah satu poin utama adalah “beliau memastikan setiap indikator akreditasi terpenuhi dengan baik, sehingga mencapai akreditasi unggul”.

Rapat ini ditutup dengan pembagian tugas kepada masing-masing tim dan penetapan jadwal kerja hingga rencana penguploadetan dokumen LED dan LKPS melalui LAMDIK. Diharapkan dengan persiapan yang matang, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah mampu meraih akreditasi dengan predikat unggul.

Sumber: Fakultas Keagamaan Islam, UNUGHA Cilacap.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *